Jumat, 01 Juni 2012

Obat Untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah permasalahan pada kulit menjadi masalah yang besar bagi manusia,memang jerawat bukanlah suatu penyakit yang dapat mematikan,tetapi jerawat dapat merusak penampilan sehingga menimbulkan efek kurangnya percaya diri.
Pada umumnya jerawat terjadi pada masa pubertas,hal ini disebabkan tidak adanya keseimbangan hormon,serta pembentukan hormon-hormon dewasa,hormon-hormon ini menyebabkan sebaceous”kelenjar penghasil sebum pada kulit”menjadi lebih aktif.Kenaikan aktifitas kelenjar ini mengakibatkan produksi sebum “minyak”pada wajah juga meningkat. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan menjadi satu bergabung dengan kotoran serta sel kulit mati sehingga menyumbat terjadi penyumbatan pori-pori.
Pada saat pori-pori yang tersumbat ini tumbuh dan berkembang sejenis bakteri yang disebut “Propionibacterium acnes”yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Propionibacterium acnes melepaskan sejenis zat iritan yang nantinya akan mengiritasi kulit,efek dari iritasi inilah nantinya yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak. Disamping itu juga menyebabkan nanah dibawah permukaaan kulit,semua efek tersebut merupakan bentuk perlawanan sisitem imun tubuh untuk menetralkan zat iritan yang dihasilkan oleh bakteri serta memperbaiki jaringan kulit yang telah teriritasi.
Beberapa cara mengobati jerawat secara tardisional yaitu dengan obat luar atau obat yang diminum.
1.  Obat luar untuk mengusir jerawat antara lain:
a. Dengan mengunakan jeruk nipis yaitu: ambil belerang 1/2 sendok makan lembutkan dengan perasan air jeruk nipis yang sudah dibelah. Untuk menghilangkan bau belerang yang tidak sedap itu teteskanlah minyak wangi. Gunakan ramuan ini untuk mengobati bagian wajah yang jerawatan.
b. Dengan mengunakan tomat yaitu: ambil tomat yang sudah masak, diiris kecil-kecil, menjelang tidur malam balurkan kebagian muka yang jerawatan.
c. Dengan mengunakan sirih yaitu: lumatkan beberapa lembar daun sirih lalu tempelkan pada bagian muka yang jerawatan. lakukan beberapa hari maka akan terbebas dari jerawat.
2. Ramuan pengusir jerawat untuk diminum
Bahan
- 10 gram kencur
- 10 gram temulawak
- Asam sedikit
- Jinten beberapa butir
- Gula aren
Caranya:
- Kencur dan temulawak diparut
- Asam, jinten dan gula aren ditumbuk dengan parutan kencur dan temulawak
- Diberi air secukupnya
- Disedu dengan air panas
Pemakaian:
- Diminum pagi hari
- Pada malam harinya muka yang ditumbuhi jerawat digosok dengan jeruk nipis yang dibelah
- Pagi hari muka dicuci bersih
- Hindari makanan yang berlemak

Bahan :
- 1 buah tomat masak
- 1 sendok makan madu murni
Caranya : Buah tomat yang telah masak dipotong-potong, diremas dengan 1/2 cangkir air masak dan 2 sendok makan madu murni, diperas dan disaring.
Pemakaian : Diminum dua kali sehari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar