Sabtu, 01 September 2012

Tips Makanan Selama Diet


Beberapa tip makan selama diet diantaranya yaitu:
1.    Nikmati makanan anda dan makanlah pelan-pelan
2.    Minum sedikitnya 8 gelas air setiap hari. Jangan makan malam jika anda kurang minum disiang hari dan sore hari
3.    Pilih satu tempat di dalam rumah khusus untuk makan. Jangan pindah-pindah sampai makanan habis. Makanlah sambil duduk, jangan makan ditempat lain.
4.    Variasikan jumlah kalori makanan anda setiap hari supaya tubuh anda tidak terbiasa dengan jumlah kalori tertentu. Bila anda terbiasa dengan makanan rendah kalori, tubuh anda akan mengira bahwa memang sejumlah itulah kebutuhannya. Dengan begitu, kalau anda berdiet, berat badan anda tidak bisa turun.
5.    Sediakan makanan dan minuman seperti buah-buahan, sayuran, dan sari buah murni dalam lemari es, bukannya makanan tinggi kalori seperti es krim, kue, dan sirup. Makanlah hanya ketika lapar.
6.    Bila perlu buat catatan harian tentang pola makan dan perasaan anda. Catatlah segala yang ingin anda makan sebelum memakannya. Tulis bagaimana perasaan anda dalam perkembangan menuju kebiasaan makanan sehat itu. Dan tulis pula bagaimana persaan anda bila berbuat curang kepada diri sendiri, misalnya tidak bisa menahan diri makan permen dan es krim.
7.    Sup dan sayur berkuah bening adala makanan diet yang baik. Selain menyenangkan, rasanya segar dan sehat.
8.    Bila memutuskan makanan di restoran, tentukan apa yang ingin anda makan. Ketika disana jangan mengubah keputusan.
9.    Susunlah jadwal kapan anda boleh makan dan ngemil.
10.    Bacalah label kemasan makanan. Makan dengan persentase lemak atau karbohidrat yang tinggi akan menggangu penurunan berat badan anda. Jangan Cuma menghitung garamnya, tetapi komposisinya. Semakan tinggi prosentase kandungan lemak dan karbohidrat dibandingkan dengan kalori keseluruhan, semakin mengemukkan.
11.    Letakkan makanan hanya di dapur dan ruang makan, bukan di tempat lain.
12.    Jangan buat diri anda kelaparan dulu sebelum makan di restotoran atau ke pesta. Makan sayur dan buah banyak-banyak atau minum air putih sampai cukup kenyang supaya ketika makan di restoran atau di pesta tidak berlebihan. Ingat, makanan di pesta atau di restoran cenderung tinggi kalori.
13.    Makanlah secara teratur. Jangan melewatkan satu waktu makan. Bila tidak mendapat pasokan makan pada waktunya, tubuh anda akan mengerakkan mekanisme pertahanan diri, yaitu dengan menurunkan kecepatan metabolisme. Akibatnya tubuh cenderung menyimpan lemak.
14.    Singkirkan makanan sisa.
15.    Buang semua lemak pada daging, buang kulit ayam, jangan makan jerohan.
16.    Jangan meletakkan makanan secara menantang di atas meja. Simpan di dalam lemari
17.    Sebelum berangkat belanja, siapkan daftar kebutuhan. Dan jangan pernah pergi belanja dalam keadaan lapar karena akan cenderung jajan.
18.    Lakukan olah raga ringan (yang baik adalah jalan kaki) seminggu 3 kali masing-masing 3o menit, lalu tambah jamnya secara bertahap.
19.    Janagn hanya mengukur berat badan, tetapi juga ukuran badan, misalnya lingkaran perut, lingkaran paha, dan lingkaran lengan. Setelah olah raga ringanan teratur, ukuran badan anda akan turu meskipun berat badan anda tidak turun. Latihan teratur membentuk otot (daging) dan otot berat daripada lemak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar